follow us twitter @ridwanrohaman

Barcode

ardhosting

ardhosting

Monday 20 January 2014

Struktur Penulisan Program Pascal

Struktur Penulisan Program Pascal

Sebagai bahasa pemrograman terstruktur, Pascal memiliki aturan dalam penulisan programnya. Dan secara garis besar sebuah program Pascal dapat dibagi atas dua bagian utama, yaitu:
1. Blok Deklarasi, dan
2. Blok Program Utama (Main Program).
Pada blok deklarasi dapat didekalarsikan berbagai keperluan, seperti; deklarasi nama program, unit, variable, konstanta, prosedur dan fungsi yang akan diguanakan didalam program utama. Pendek kata, segala sesuatu yang akan digunakan di dalam program utama harus dideklarasikan pada blok deklarasi.
Berikut ini adalah kata cadangan yang digunakan pada blok deklarasi untuk mendekarasikan hal-hal yang diperlukian di dalam blok program utama.
1.Program, digunakan untuk mendeklarasikan judul program. Jika anda menggunakan compiler Pascal seperti Turbo Pascal, deklarasi judul program sifatnya optional. Artinya judul program boleh dideklasikan atau tidak. Sebuah file program Pascal memiliki satu judul program
2.Uses, digunakan untuk mendeklarasikan unit yang akan dipakai di dalam program. Jika kita ingin menampilkan output program ke layer, kita harus mendeklarasikan unit crt. Sedangkan jika kita ingin mencetak hasil program ke printer, kita harus mendeklarasikan (me-uses-kan) unit printer.
3.Var, digunakan untuk mendeklarasikan variable.
4.Const, digunakan untuk mendeklarasikan konstanta
5.Procedure, digunakan untuk mendeklarasikan prosedur
6.Function, digunakan untuk mendeklarasikan fungsi.
Sebuah program Pascal, selain memiliki blok deklarasi juga memiliki blok program utama. Untuk menandakan blok program utama, pada program Pascal di awali dengan Begin dan diakhiri dengan End. (end titik).
Contoh
Program LuasLingkaran;
Uses crt;
Var
L, R : Real;
Const
Phi = 3.14;
Begin
R := 140;
L := phi * R * R;
Wire(L);
End.
Penjelasan kode program di atas;
• Program LuasLingkaran; adalah perintah untuk mendeklarasikan judul program. Pada contoh di atas judul programnya adalah LuasLingkaran. Tanda titik koda (;) setelah judul program digunakan untuk menandai akhir baris. Jadi setiap selesai satu baris program harus diakhiri dengan tanda titik-koma.
• User crt; adalah perintah atau kata cadangan untuk mendeklarasikan unit. Dalam contoh di atas unit yang diguakan adalah CRT karena pada program utama (main program) ada perintah untuk menampilkan hasil (output) program ke layer monitor.
• Var L, R : Real; adalah perintah untuk mendeklarasikan viable L dan R bertipe Real. Variabel R digunakan untuk menyimpan nilai jari-jari lingkaran dan L digunakan untuk menyimpan nilai luas.
• Const phi = 3.14; adalah perintah untuk mendeklarasikan konstanta phi dengan nilai 3.14.
• Begin adalah awal blok program utama dan End. adalah akhir blok program utama. Di dalam blok program utama (di antara perintah begin dan end titik) terdapat perinta;
i. R := 140; adalah perintah untuk memberikan nilai 140 ke variable R,
ii. L := phi * R * R; adalah perintah untuk menghitung nilai luar dan hasilnya diberikan ke variable L
iii. Write(L); adalah perintah untuk mencetak (menampilkan) nilai L ke layer monitor.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting